OPEN SOURCES OF SOFTWARE




1. Open Office
    Aplikasi yang digunakan dalam dunia perkantoran saat ini masih banyak yang menggunakan softwarekomersil karena memangsoftware semacam ini yang pertama kali diperkenalkan kepada para karyawan sejak mereka masih duduk di bangku sekolah dasar. Mengapa softwarekomersil yang diajarkan terlebih dahulu kepada anak sekolah dasar? Hal ini disebabkan karenasoftware komersil mudah untuk digunakan alias user friendly. Padahal dengan menggunakan free open source software sekarang ini maka tidak akan ditemukan kesulitan yang berarti untuk mempelajarinya karena memang free open source software juga dapat digunakan secara mudah dan memiliki interface yang user friendly.
Aplikasi yang biasa digunakan oleh dunia perkantoran adalah program pengolah kata seperti microsoft word dan juga database sederhana seperti microsoft excel. Dan yang dan heran mengapa setiap kali menuliskan kata ‘microsoft’ di microsoft word selalu diawali dengan huruf kapital?(hehe gak penting ya). Mungkin karena softwarekomersil harus gencar promosi agar lebih banyak lagi konsumen yang menggunakansoftware mereka. Untuk aplikasi perkantoran, free open source software juga memilikisoftware yang mendukung dan mungkin telah dikenal oleh banyak orang saat ini, yaitu open office. Fitur yang ditawarkan oleh open office sudah cukup untuk menangani berbagai pekerjaan perkantoran dalam hal mengolah kata dan database semacam excel. Lantas mengapa dunia perkantoran tidak segera beralih ke free open source software?Hal ini disebabkan karena banyak pihak yang menganggap bahwa fitur yang dimiliki open office tidak selengkap microsoft word. Padahal kenyataanya tidak seperti itu, kalaupun open office tidak memiliki fitur yang selengkap microsoft word tetapi software ini juga memiliki fitur standar untuk mengolah kata dan database seperti yang ada di toolbar microsoft word. Lagipula tidak semua dunia perkantoran memanfaatkan semua fitur yang ada di microsoft word, mungkin hanya beberapa fitur saja yang terdapat pada toolbar.
2. Mozilla firefox
Untuk beberapa kalangan, mereka lebih memilih menggunakan browser Mozilla dibandingkan chrome, dikarenakan privasi seseorang harus dijaga. Sedangkan Chrome browser selalu merekam jejak user.
3. VLC Player
Jika Anda belum memiliki VLC alias VideoLAN Player, segeralah lakukan instalasi pada komputer Anda, maka Anda akan mendapatkan kesempatan yang belum pernah ditemui pada media player lainnya. Vlc media player, memiliki banyak pengguna, dengan kelebihannya sebagai salah satu media player yang mendukung hampir semua format video, termasuk juga audio. Program media player ini bekerja stabil, dapat digunakan pada berbagai platform, dan memberikan layanan fitur-fitur yang menarik. Apabila digunakan sebagai default media player, Anda akan jarang menemui saat dimana VLC tidak support pada suatu format video. Selain itu, VLC juga dapat memainkan film DVD. Anda akan menemukan kontrol yang mudah serta efek di dalam VLC, seperti <em>brightness, contrast, saturation, equalizer, blur, motion blur, color removal,</em> dan masih banyak lainnya. Satu fitur yang menarik adalah kemampuan VLC Media Player dalam memaksimalkan volume 200% lebih besar dari volume normal.
4. GIMP
GIMPI adalah kepanjangan dari GNU Image Manipulation Program tetapi banyak orang lebih mengenalnya dengan sebutan GIMP adalah perangkat lunak untuk manipulasi grafik berbasis raster. GIMP ini adalah perangkat lunak pengganti photoshop, corel, dll. GIMP adalah salah satu perangkat lunak (software) open source.
GIMP berjalan pada dekstop GNOME dan dirilis dengan lisensi GNU General Public License. GIMP pada awalnya dikembangkan untuk dekstop X11 yang berjalan di platform unix. Namun saat ini piranti lunak ini sudah diporting ke beberapa platform sistem operasi yang lain yaitu MS Windows dan Mac OS. GIMP menyediakan banyak sekali plugin yang memeudahkan dalam mengolah gambar dengan cepat. pengembang dan pengelola GIMP memiliki visi produk GIMP untuk berusaha menjadi perangkat lunak grafis kelas atas dalam menyunting dan menciptakan gambar asli, foto, ikon, elemen grafis halaman web, dan seni intuk elemen antarmuka pengguna.
GIMP bisa kita dapatkan dengan cara mendownloadnya lewat internet yang bisa kita dapatkan secara gratis. untuk para pemula yang ingin mempelajari GIMP bisa search-ing di google tutorial mempelajari GIMP.
bebrapa kelebihan GIMP yaitu perangkat lunak (software) ini bisa didapatkan secara gratis.
-aplikasinya ringan dan bisa digunakan di komputer yang menggunakan spesifikasi rendah sampai minimum sekalipun dapat menggunakan aplikasi GIMP ini
-lebih mudah dalam penyelesainan gambar atau foto, mengimport/mengeksport gambar atau foto ke ekstensi SVG,
-bisa membuat gambar animasi
-mampu menampilkan file gambar atau foto dari berbagai macam format file
-mengedit layar teks lebih mudah
-mendukung berbagai macam format file,
-bisa ditambahkan pulg-in seperti Adobe Photoshop dan plug-in nya ini gratis
-jika kurang cocok dengan tampilan awalnya, maka kita bisa mengganti tampilan awal tersebut
Tetapi dimana ada kelebihan pasti akan selalu terdapat kekurangan. beberapa kekurangan dalam software yang bersifat open source ini, yaitu
-hanya mendukung 8 bits per-channel
-masih sedikit plug-in yang tersedia
-filter atau efek yang ditawarkan masih kurang, belum lengkap seperti Adobe Photoshop.
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar